Jln. Semar No. 77C, Sidorejo, RT 008 RW 000, Kel. Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, D. I. Yogyakarta 55182
Pengurus IDCA D. I. Yogyakarta, Bersinergi Untuk Menjadi Semakin Berada
halaman : Home/News / Pengurus IDCA D. I. Yogyakarta, Bersinergi Untuk Menjadi Semakin Berada
Pengurus IDCA D. I. Yogyakarta, Bersinergi Untuk Menjadi Semakin Berada
Bantul (11/2/2022) - Pengurus Indonesia Drum Corps Association (IDCA) D. I. Yogyakarta periode 2022-2026 telah dikukuhkan oleh Krisna Widi Aria selaku Wakil Ketua Umum IDCA Pusat pada Jumat, 11 Februari 2022. Acara yang dilaksanakan di Puncak Sosok, Bantul, D. I. Yogyakarta ini dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY, Perwakilan Dinas Pariwisata DIY, Pimpinan KORMI DIY, Pimpinan KONI DIY, Perwakilan PDBI DIY, Perwakilan Pengurus Pusat IDCA, Perwakilan Calon Pengurus IDCA Kabupaten/Kota se-DIY, Perwakilan dari KBMBY, dan beberapa komunitas marching band atau drum corps di Yogyakarta. Proses pengukuhan terdiri dari pembacaan Surat Keputusan Pengurus IDCA Provinsi DI Yogyakarta, penandatanganan Berita Acara Pelantikan, dan penyerahan Pataka IDCA DIY.


Acara dilanjutkan dengan sambutan dari beberapa tokoh. Sambutan pertama diberikan oleh Dhiya’ul Fajri, S.Pd., M.Sn. selaku Ketua Umum Pengurus IDCA D. I. Yogyakarta. Dalam sambutan tersebut, beliau menyampaikan bahwa acara pengukuhan ini merupakan momentum yang membanggakan dan mengharukan karena dengan effort yang begitu besar dan jarak yang begitu jauh, semuanya dapat dipertemukan dalam rangkaian acara tersebut. Beliau meyakini bahwa ini dapat terwujud karena adanya rasa kecintaan terhadap marching band dan drum corps di D. I. Yogyakarta. Beliau berharap, semoga dengan adanya IDCA ke depannya bisa jadi wadah kegiatan rekan-rekan yang berkegiatan di marching band atau drum corps dan harapannya bisa disinergikan dengan wadah organisasi yang sudah lebih dahulu ada, yaitu Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI), dengan membangun program kerja bersama agar semua kalangan, komunitas, dan kegiatan yang berhubungan dengan marching band dan drum corps dapat tersentuh sampai ke akar rumput. Terakhir beliau juga berpesan agar semangat momentum ini tidak hanya sampai di sini dan dapat dibawa sampai seterusnya.

Sambutan dilanjutkan oleh Krisna Widi Aria, selaku perwakilan dari Ketua Umum Pengurus Pusat IDCA yang sedang berhalangan hadir. Beliau menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang menjadi pesan dari Hari Doyo Sugianto, Ketua Umum Pengurus Pusat IDCA, yang pertama adalah mengenai sejarah IDCA. Secara singkat, beliau menyampaikan bahwa IDCA berdiri setelah adanya obrolan Hari Doyo Sugianto dengan Drum Corps International di Amerika tahun 2015. Kemudian, teman-teman Drum Corps International datang ke Banten dan berdiskusi yang menghasilkan semangat untuk mengembangkan serta mencari formula untuk mendapatkan marching band atau drum corps dengan performa excelent. Untuk menghidupkan semangat ini dibutuhkan kerjasama dari banyak orang agar bisa menampung semua masukan tentang kondisi marching band atau drum band Indonesia, karena harapannya dapat mewujudkan kondisi marching band atau drum corp yang sehat dapat memajukan dan mendorong potensi-potensi untuk mencapai performa excelent. Pesan selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa IDCA sedang berusaha untuk menjadi bagian dari KORMI dan berharap bahwa pengukuhan ini merupakan titik awal untuk membuat sesuatu yang lebih besar lagi serta semoga dapat berusaha untuk dapat bersinergi dengan siapapun.


Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Nolik Maryono, selaku perwakilan dari Ketua umum KORMI DIY yang mengikuti kegiatan melalui virtual. Beliau menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan Pengurus IDCA D. I. Yogyakarta dan Salam KORMI. Selain itu, beliau berharap semoga IDCA ini dapat bersinergi dan beriringan dengan PDBI meskipun dengan naungan yang berbeda. PDBI dengan visi misi olahraga dan prestasi yang berada dalam naungan KONI, sedangkan IDCA dengan visi misi olahraga dan rekreasi yang berada dalam naungan KORMI. Beliau juga berharap agar proyeksi program kegiatan IDCA akan mengarah ke festival, rekreasi, dan pariwisata. Terakhir, beliau menyampaikan bahwa akan diadakan Rakerda KORMI D. I. Yogyakarta pada 19 Februari 2022 dan mengharapkan kehadiran Ketua Umum Pengurus IDCA D. I. Yogyakarta dalam acara tersebut.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Priyo Santoso, selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga D. I. Yogyakarta. Beliau menyampaikan izin atas tidak bisa hadirnya Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga D. I. Yogyakarta dikarenakan bersamaan dengan berbagai acara. Atas nama Pemerintah Daerah D. I. Yogyakarta, beliau mengucapkan selamat dan sukses kepada Ketua Umum dan seluruh pengurus, disertai harapan dan doa agar pengurus dapat mengemban amanah dengan baik sampai akhir periode kepengurusan. Beliau juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh komponen atas tekad, semangat, dan kebersamaan untuk membentuk IDCA. Harapan beliau, semoga IDCA dapat membangun kebersamaan yang bagus, merangkul, dan menyusun program yang akan dilaksanakan. Selanjutnya, beliau menyampaikan dua pesan dari Bapak Kepala Dinas yang harus disampaikan. Pertama, ketika nanti menyusun program sosialisasi ke bawah agar bisa dimaksimalkan dan dimasifkan. Kedua, tidak perlu bermain mata dan dapat menunjukkan eksistensi dengan program dengan inovasi dan krativitas yang baik sesuai dengan porsinya masing-masing. Pesan terakhir yang beliau sampaikan untuk pengurus yang baru adalah “Kita ada bukan hanya sekedar ada, tapi membuat kita semakin berada.”


Penulis : Husnia Alfi (12 Februari 2022)

Editor : Muhammad Zakaria

Komentar Terbaru